Kamis, 26 Februari 2015

TUJUH (7) INFO DAN PERSEPSI SALAH TENTANG SBMPTN

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berlingkup nasional. SBMPTN dilaksanakan serentak pada tanggal dan waktu yang sama di seluruh Indonesia. Seleksinya dilakukan secara terpusat oleh tim seleksi SBMPTN. Parameter penilaian di dalam SBMPTN adalah nilai tes dan nilai ujian keterampilan (untuk program studi tertentu).

Tak dapat dipungkiri bahwa dalam dunia SBMPTN ini, banyak sekali info bias yang berseliweran dan diragukan keabsahannya. Info-info tersebut muncul karena kurangnya kejelasan informasi dari panitia SBMPTN itu sendiri dan/atau kesalahpahaman sebagian orang, baik yang salah memahami informasi maupun yang salah berkaca pada pengalamannya. Kalau sudah seperti ini, kita bisa salah dalam menyusun strategi untuk SBMPTN dan akhirnya mengantarkan kita menuju kegagalan.

Kali ini, saya akan memaparkan tujuh info dan persepsi yang sering salah di dalam dunia SBMPTN. Setidaknya hal-hal yang saya paparkan di sini disimpulkan berdasarkan informasi dan pengalaman yang saya dapatkan selama kurang lebih setahun.



1. Nilai Mati



Bisa, kan, lulus SBMPTN? by yusuf-ananda.blogspot.com

Nilai mati adalah info bias yang paling ngetrend di dalam dunia SBMPTN. Banyak sekali jenis-jenis nilai mati yang beredar. Walau banyak jenisnya, nilai mati memiliki inti yang sama. Nilai mati adalah nilai atau skor yang menyebabkan kita langsung gugur jika mendapatkan nilai itu.

Ada yang bilang kalau kita mendapatkan nilai minus atau nol di salah satu mata uji SBMPTN, kita otomatis akan gugur. Ada juga yang bilang bahwa tidak masalah jika mendapat nilai minus atau nol di salah satu mata uji SBMPTN asalkan tidak ada mata uji yang “tidak diisi sama sekali”. Ada lagi yang bilang bahwa nilai mati itu adalah skor kurang dari 2,5 pada dua atau lebih mata uji. Masih banyak lagi jenis-jenis nilai mati yang beredar di luar sana.

Perlu diketahui, penilaian skor SBMPTN memiliki ketentuan sebagai berikut:
Mendapat 4 kalau jawaban benar.
Mendapat -1 kalau jawaban salah.
Mendapat 0 kalau tidak diisi.

Setiap mata uji memiliki 15 soal dan total mata uji dalam SBMPTN ada 10 mata uji (SBMPTN 2014).

Saya punya kesimpulan bahwa nilai mati dalam SBMPTN itu TIDAK ADA. Mengapa? Pertama, tidak ada ketentuan nilai mati seperti ini di laman Resmi SBMPTN ataupun dari panitia SBMPTN sendiri. Kedua, banyak peserta-peserta SBMPTN yang mengaku bahwa mereka tidak mengisi salah satu mata uji dan ada juga yang mengaku kalau mereka memiliki skor minus pada beberapa mata uji tapi nyatanya mereka LOLOS SBMPTN.

Selain itu, adanya nilai mati dalam SBMPTN malah membuat SBMPTN menjadi aneh. Bayangkan kalau semua peserta SBMPTN mendapatkan nilai mati. Masa iya tidak ada satu pun peserta yang diterima SBMPTN.

Seleksi masuk Perguruan Tinggi yang dengan jelas memiliki nilai mati adalah USM STAN (Ujian Saringan Masuk STAN).

2. Mengikuti Jalur IPC jika Ingin Lintas Jurusan
Anak IPC harus memborong semua soal by garaudynet.blogspot.com

Sebenarnya, poin nomor dua ini lebih tepat disebut salah persepsi daripada info bias. Katanya, kalau ingin lintas jurusan di SBMPTN, kita harus ikut jalur IPC. Misalnya, anak IPA mau memilih Akuntansi yang merupakan jurusan ranah IPS. Si anak IPA tersebut berarti harus mengikuti jalur IPC buat SBMPTN-nya.

Ini jelas sangat keliru. Telah dijelaskan dengan sejelas-jelasnya di laman resmi SBMPTN bahwa sistem pengelompokan jenis ujian (IPA, IPS, IPC) dalam SBMPTN tidak bergantung pada jurusan kita waktu di SMA, tetapi bergantung pada jenis program studi yang kita pilih. Jalur IPC harus kita ikuti jika kita memilih jurusan dari ranah IPA dan IPS. Misalnya, kita memilih Matematika Unpad (IPA), Fisika Unpad (IPA), dan Sastra Inggris Unpad (IPS).

3. Tempat Tes Memengaruhi Seleksi
Memilih tempat ujiannya yang terdekat, ya, agar tesnya tenang! by www.unsoed.ac.id

Poin nomor tiga ini merupakan info bias alias info salah. Sudah jelas disebutkan di dalam laman Resmi SBMPTN bahwa parameter penilaian dalam SBMPTN hanya nilai tes ditambah nilai ujian keterampilan (bagi program studi tertentu). Tidak ada ketentuan kalau tempat memengaruhi nilai tes atau penerimaan kita dalam SBMPTN. Kita dapat memilih tempat tes sesuka hati kita (syarat dan ketentuan berlaku).

“Tempat ujian tidak menjadi bahan pertimbangan dalam proses seleksi dan penentuan kelulusan seorang calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri yang dipilihnya.” (Laman resmi USM ITB Terpadu)

4. Peserta Bidikmisi dan Non-Bidikmisi Dibedakan

Semangat Bidikmisi! By uiupdate.ui.ac.id

Menurut poin nomor empat, peserta Bidikmisi memiliki peluang atau kuota yang lebih kecil daripada peserta non-Bidikmisi. Hal ini keliru. Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan dari pemerintah, bukan jalur seleksi masuk PTN. Kembali lagi ke ketentuan SBMPTN – parameter penilaian adalah nilai tes – . Tidak disebutkan bahwa peserta Bidikmisi memiliki kuota sendiri.

Memang, setiap PTN memiliki kuota Bidikmisi masing-masing. Namun, hal ini tidak lantas membuat perbedaan antara peserta Bidikmisi dan non-Bidikmisi dalam jalur SBMPTN. Sekali lagi, yang berbicara dalam tes SBMPTN adalah nilai tes. Jika ternyata peserta Bidikmisi yang diterima di SBMPTN melampaui kuota di Bidikmisi di PTN tempat dia diterima, Dikti masih mempunyai kuota tambahan yang bisa dialokasikan sesuai kebutuhan.

Info tambahan : Statement ini diperkuat dengan pernyataan yang dilontarkan oleh Bapak Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS, pada acara pembekalan mahasiswa Bidikmisi Unpad. Beliau menyatakan bahwa dalam seleksi SBMPTN, background peserta tidak dilihat. Yang dilihat hanyalah nilai tes. Jika peserta SBMPTN pelamar Bidikmisi yang diterima melebihi kuota, peserta tersebut tetap diterima.

5. Penilaian SBMPTN Menggunakan Sistem Passing Grade Persentase
Statistik nilai SBMPTN 2014 by twitter.com/kemdikbud_ri

Passing Grade merupakan suatu nilai patokan untuk lulus di suatu program studi. Biasanya berupa persentase. Misalnya, Passing Grade Matematika Unpad adalah 36%. Berarti, untuk lolos di program studi Matematika Unpad, kita minimal harus mendapatkan skor 36% dari skor sempurna. Passing Grade biasanya dibuat oleh bimbingan belajar atau lembaga-lembaga tertentu sebagai acuan/patokan untuk lolos di satu program studi. Passing Grade sendiri sebenarnya tidak ada dalam SBMPTN.

Namun, banyak yang salah persepsi tentang Passing Grade. Banyak yang berpikir kalau Passing Grade itu benar-benar ketentuan dan sistem seleksi yang resmi dalam SBMPTN. Ini jelas keliru. Kalau memang benar seleksi SBMPTN menggunakan Passing Grade, mengapa yang ditampilkan di laman Resmi SBMPTN adalah daya tampung dan jumlah peminat tahun sebelumnya? Bukan Passing Grade-nya?

Prinsip seleksi SBMPTN adalah “menjaring”. Misalnya, program studi Agribisnis Unpad mempunyai kuota 45. Berarti, yang akan diterima di Agribisnis Unpad adalah 45 peserta nilai tertinggi. Jika SBMPTN menggunakan sistem Passing Grade dan ternyata ada 100 peserta yang memenuhi Passing Grade tersebut, akan dike-mana-kan 55 orang yang lain? Masa bawa kursi sendiri dari rumah. Tidak mungkin, ‘kan?
Jadi, jangan sampai salah memahami Passing Grade. Passing Grade hanya patokan/acuan, bukan sistem seleksi resmi dalam SBMPTN.

6. Pembobotan Mata Uji pada Setiap Program Studi Berbeda
Jangan cuma fokus ke satu mata uji, ya! by www.planetyar.com

Sepertinya, info bias ini muncul karena pemikiran awam. Menurut info bias nomor enam ini, bobot setiap mata uji berbeda-beda tergantung program studi yang dipilih. Misalnya, bobot mata uji Biologi lebih tinggi dari Fisika jika kita memilih program studi Pendidikan Dokter. Jadi intinya, menurut info ini, kita harus meningkatkan skor mata uji yang sesuai atau relevan dengan program studi yang dipilih.

Info nomor enam ini jelas keliru karena info yang ada di dalam laman Resmi SBMPTN justru kontradiktif dengan info ini. Dalam laman resmi SBMPTN, disebutkan bahwa “Setiap mata uji bernilai sama dan tidak ada yang diabaikan”. Jadi sudah jelas bahwa bobot setiap mata uji adalah sama.

“Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata uji harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.” (Laman resmi SBMPTN)

7. Ada PTN yang Tidak Ingin Dinomorduakan
Pilih yang mana, ya? by infoduniakampus.blogspot.com

Dalam SNMPTN (Bukan SBMPTN), banyak beredar info kalau ada beberapa PTN yang tidak ingin dijadikan pilihan kedua. Dan memang, jarang sekali peserta SNMPTN yang diterima di pilihan kedua atau ketiga. Terlepas apakah benar ada PTN yang tidak ingin dinomorduakan atau karena sistem seleksinya berbeda, yang jelas, fakta berkata demikian.

Namun, hal ini tidak berlaku di dalam SBMPTN. Mengapa? Karena sistem penyeleksian SBMPTN terpusat oleh sebuah sistem – tidak diseleksi oleh masing-masing PTN –. Salah satu buktinya yaitu banyak peserta SBMPTN yang diterima di pilihan kedua atau ketiga, tidak seperti SNMPTN.

Ya, bagaimanapun juga, penguasaan informasi merupakan hal penting dalam peperangan. SBMPTN ibarat peperangan. Jadi, penguasaan informasi mutlak penting jika kamu benar-benar ingin tembus masuk PTN.

Semoga, artikel saya ini bisa membantu kalian yang khususnya sedang dilanda euforia seleksi masuk PTN. Tidak ada waktu untuk bersantai-santai. Siapkan amunisi se-dini mungkin.



“Ingat, di saat kamu sedang bersantai-santai, ribuan sainganmu sedang belajar!”

114 komentar:

  1. wah makasih kak, sangat membantu :)

    BalasHapus
  2. terimakasih atas infonya, info ini sangat bermanfaat bagi saya n tman2..

    BalasHapus
  3. koreksi: passing grade presentase itu bukan nilai minimal masuk ptn tetapi itu hanya dijadikan patokan nilai aman dari peserta yg lulus tahun lau :)

    BalasHapus
  4. Kak,kalau ada 2 mata pelajaran yg nilai nya minus di TKPA, itu bener langsung ga lolos??

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya Kak! Benar-benar takut sama nilai mati nih soalnya. Heheh

    BalasHapus
  6. Jadi agak tenang nih gara gara baca artikel ini

    BalasHapus
  7. posting nya bagus, bermanfaat :)

    BalasHapus
  8. Saya dapet minus 2 di sbm tp Puji Tuhan saya lolos. Belajar maksimal dan berdoa. God bless you all.
    Thanks infonya jg.. Blog kakak aku baca ketika tes lho.. Jd optimis :))

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat��

    BalasHapus
  10. Kak, klo pilihan sbmptnnya did satu universitas, peluangnya gimana ya?

    BalasHapus
  11. Kak, klo pilihan sbmptnnya did satu universitas, peluangnya gimana ya?

    BalasHapus
  12. Hahaha saya aja br ngeh ada mitos2 begitu. Krn saya udh dpt informasi2 seputar sbmptn ini dr sumber yang bener. Dan pas baca artikel ini cocoklah.. nice post!

    BalasHapus
  13. Sangat berguna, coba kalau semuanya tau

    BalasHapus
  14. Sangat berguna min, yg slama ini kurang diketahui

    BalasHapus
  15. Berarti passeng grade yang selama ini hanya isu belaka ya

    BalasHapus
  16. Sistem penilaian SBMPTN memang misterius karena hasil nilai yg lulus tidak pernah diumumkan. Yang ada hanya pernyataan Diterima ato Tidak Diterima saat dilakukan pengecekan secara online.
    Dasar dari "mitos" nilai mati justru adalah kutipan ini:
    "Setiap mata ujian akan dinilai berdasarkan peringkat dengan skala nol sampai seratus sebelum nilai tersebut dijumlahkan dengan nilai mata ujian lainnya. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan." (Laman Resmi SBMPTN)

    Tidak ada secara eksplisit pernyataan aturan nilai mati, pun demikian dengan penilaian secara persentil serta bobot TPA itu paling besar yaitu 30%.

    Pertanyaannya:
    Siapa yang berani ambil resiko menjawab soal serampangan tanpa mempedulikan sama sekali "mitos" nilai mati?

    BalasHapus
  17. memang kalau ikut sbmptn yang di prioritaskan yang dari daerah itu dulu ya? misalnya saya tinggal di jakarta. trus saya milih ilkom ugm, hi ugm sama manajemen unj. itu yang bakal di prioritaskan di ugm yang dari daerah ugm dulu kah?

    BalasHapus
  18. "dan ada juga yang mengaku kalau mereka memiliki skor minus pada beberapa mata uji tapi nyatanya mereka LOLOS SBMPTN."
    Ini gimana ya kak ? Kan di web hanya ada keterangan lolos atau tdk, sementara nilai dll tdk tercantum. Lalu bgmn peserta bisa tahu dia dpt nilai minus ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan soalnya dibawa pulang, jadi saat selesai sbmnya, di rumah atau di tempat les bisa di koreksi brp nilainya

      Hapus
  19. "dan ada juga yang mengaku kalau mereka memiliki skor minus pada beberapa mata uji tapi nyatanya mereka LOLOS SBMPTN."
    Ini gimana ya kak ? Kan di web hanya ada keterangan lolos atau tdk, sementara nilai dll tdk tercantum. Lalu bgmn peserta bisa tahu dia dpt nilai minus ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan pihak penyelenggara blg kalo SBM diurut berdasar ranking, berarti yg gk lolos itu ya ranknya dibawah gitu...
      tapi disarankan sih... jgn ada yg minus, usahakan minimal ada plus semua mapelnya....

      Hapus
  20. Jadi mas le, meskipun saya milih ITS pil.3 dgn nilai 53, lalu ada yg ITS pil.1 nilai 52, yg lolos adalah nilai tertingginya ya

    BalasHapus
  21. Bagaimana pendapat anda tentang sistem nilai nasional ?

    BalasHapus
  22. wawwww keren kaa!! Terimakasih banyak infonya ^_^

    BalasHapus
  23. Makasih banyak kakak 😊

    BalasHapus
  24. Makasih banyak kakak 😊

    BalasHapus
  25. Terima Kasih atas informasinya.

    BalasHapus
  26. thank you bre
    jadi tenang ane masalah nilai mati wkwk

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Permisi kak, aku berhasil jawab soal TKPA di sbmptn cuma 28 dan TKD soshum cuma 29 (alias yang dikosongin banyak) dari hasil itu, kemungkinan ku buat lolos kecil kah? Tolong dijawab ya kak :)
    Terimakasih

    BalasHapus
  29. Ka saya peserta sbmptn soshum 2016, saya shdag berlatih sedemimian giat, namun apalah daya pas ngerjain matdas ga diisi sama sekali, tapi disoshum saya yakin bagus.kira2 peluangnya gmana ya?

    BalasHapus
  30. Kak, kalau saya di bhs inggrisnya kosong gimana peluangnya?

    BalasHapus
  31. Sebenernya hoax apa bukan sih nilai mati itu ? kemarin pas tes matdas gak si isi sama sekali,pengen nangis jadinyaaa:'(

    BalasHapus
  32. Sebenernya hoax apa bukan sih nilai mati itu ? kemarin pas tes matdas gak si isi sama sekali,pengen nangis jadinyaaa:'(

    BalasHapus
  33. Share dong pengalamannya yang lolos sbmptn tapi dikosongin salah satu mata uji nya. Thanks banget.
    Line:filipomarcelino

    BalasHapus
  34. Seberapa kuat anda bertahan pada argumen anda tentang nilai mati ?


    http://aditya-sura-feb12.web.unair.ac.id/artikel_detail-91560-SBMPTN-Gimana%20sih%20sistem%20penilaian%20SBMPTN.html

    BalasHapus
  35. NILAI MATI ITU ADA !!!!!!!!! BACA SOAL SBMPTNNYA YG AWAL.

    BalasHapus
  36. setidaknya ini jadi motivasi... thanks kak..

    BalasHapus
  37. Aturan nilai matinya nampaknya dibuat lebih simpel lagi: NOL Absolut yaitu saat ada 1 mata ujian yg tidak diisi sama sekali.
    Artinya lebih baik isi dan salah daripada tidak diisi sama sekali.

    Tapi lagi-lagi, hanya panitia dan Tuhan yang tahu, hehehe...

    BalasHapus
  38. “Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata uji harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.” (Laman resmi SBMPTN)
    Maksudnya apa ya?

    BalasHapus
  39. Dapet info dari panitia sbm katanya nilai minus atau nilai nol dari hasil pengerjaan 5 soal betul 1 salah 4 tidak apa apa daripada nilai nol absolute. Gitu katanya, aku ada screenshot chat-nya (╥_╥)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi buktinya ada ratusan orang kok yg lolos meski nol absolute, lolos pilihan pertama pula :)

      Hapus
    2. Iyakah? Misal bahasa Inggris atau salah satu mapel lain ngga diisi semua?

      Hapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Aku teledor banget. Padahal aku campuran tapi aku ngiranya soshum, aku gak liat di kertas sbmptn nya kalo aku campuran. Jadinya aku gakbikut tes sesi pertama yaitu saitek (ipa). Sekarang aku pasrah aja lulus apa enggak 😢

    BalasHapus
  43. jdi nilai mati itu cma mistosssssssss!!!!!!!
    jdi nyesel dah ngisinya setengah2 T_T

    BalasHapus
  44. Nilai mati cuma mitos.Saya tidak mengerjakan soal di bagian "Matematika dasar" tetapi saya berhasil Lulus Sbmptn 2016 :) ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf apa anda sama sekali tidak mengisi matematika dasar nya? .
      Jadi tidak apa apa kalau tidak mengisi matematika dasar nya?

      Hapus
    2. Tidak masalah,buktinya sekarang saya masuk PTN hehe 😊
      Intinya kalo kamu kurang di TPA,fokus aja untuk 'sikat habis' TKD nya.

      Hapus
    3. Tidak masalah,buktinya sekarang saya masuk PTN hehe 😊
      Intinya kalo kamu kurang di TPA,fokus aja untuk 'sikat habis' TKD nya.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Kaka kosongin semua matdas nya??

      Hapus
  45. Yg tidak menjawab semua mata pelarangan tapi lulus,yg lulus tahun ini ksih tau donk infonya

    BalasHapus
  46. Maksudnya pelajaran bukan pelarangan

    BalasHapus
  47. Ryo boleh tanya kau pas sbmptnnya kau isi semua soal pelajaran shosumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ngejawab 59 soal dari 60 soal yg diberi :)

      Hapus
    2. Aku ngejawab 59 soal dari 60 soal yg diberi :)

      Hapus
  48. Aku ngerjain 59 dari 60 soal soshum nya :)
    Padahal aku sekolah ngambil Ipa hehe.

    BalasHapus
  49. gimana jika belajar dengan kuliah jg ? cara bagi waktuna gimana kebanting mulu sm laporan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya IBU KARMILA posisi sekarang di malaysia
      bekerja sebagai ibu rumah tangga gaji tidak seberapa
      setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
      sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
      sempat saya putus asah dan secara kebetulan
      saya buka FB ada seseorng berkomentar
      tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
      melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
      karna di malaysia ada pemasangan
      jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
      saya minta angka sama AKI NAWE
      angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
      terima kasih banyak AKI
      kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
      rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
      bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
      terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
      jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259 tak ada salahnya anda coba
      karna prediksi AKI tidak perna meleset
      saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

      Hapus
  50. Kak admin kalo saya fokus ke subtes tertentu bermasalah gk

    BalasHapus
  51. Kak saya kan isi unj,unpad,ui nah itu kenapa tempat tes saya di depok ya? Trs gk bisa milih sendiri?

    BalasHapus
  52. Kak saya kan isi unj,unpad,ui nah itu kenapa tempat tes saya di depok ya? Trs gk bisa milih sendiri?

    BalasHapus
  53. Kak saya pilih unj,unpad,ui knp tempat ujian nya tidak bisa milih sendiri ya?

    BalasHapus
  54. Kak? Kalo misalnya kan kita takut nilai minus, gapapa ga di isi?

    BalasHapus
  55. Ka, apakah benar klo mendapat nilai -3 di salah satu mata pelajaran maka langsung dinyatakan gugur ? Klo hanya -2 masih diperbolehkan, sementara -3 langsung di gugurkan oleh panitia. Apa itu benar ? Tolong infonya admin dan kaka" semua

    BalasHapus
  56. Ada ptn yg tidak ingin di nomor duakan... kawanku angkatan 2016 lolos geofisika UI pil. 3... ini salah satu bukti argumen bantahan blog ini benar

    BalasHapus
  57. Kalo perhitungannua pake nilai nasional , bagus ga tu?

    BalasHapus
  58. kak, apakah mempengaruhi jika passing grade jurusannya salah menempatkan?
    misalkan pilihan 1 teknik kimia (passing gradenya 41, 790%)
    pilihan 2 teknik informatika (passing gradenya 44, 87%)
    kalau seperti itu apakah mempengaruhi memperkecilnya peluang masuk sbmptn?

    BalasHapus
  59. terimakasih kak!!! jadi semangat lagi:')))

    BalasHapus
  60. Info yg sangat2 bermanfaat, terimakasih banyak.

    BalasHapus
  61. Doain kak. Besok D-Day nya !!!

    BalasHapus
  62. Udahlah. Ujung2nya itu kita beruntung/ngga untuk masuk PTN yg diharapkan!

    BalasHapus
  63. itu seriusan ? kalo misalnya ada satu pelajaran yang bener2 di kosongin ga dijawab masih ada kemungkinan lulus ? soalnya di kebanyakan artikel bilang dipastikan tidak lulus

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan percaya artikel-artikel yang gak jelas sumbernya :)

      Hapus
  64. Udahlah. Ujung2nya itu kita beruntung/ngga untuk masuk PTN yg diharapkan!

    BalasHapus
  65. Sebenarnya keberhasilan/kesuksesan/kelolosan dari sbmptn dan snmptn itu ada banyak faktor. Jadi gak hanya seputar Nilai perolehan kita aja.
    Makanya berusaha dan berdoa itu adalah kunci utamanya setelah itu baru pasrah sama Tuhan.
    Jadi jangan pasrah nya di duluin tapi gak ada usaha.

    BalasHapus
  66. Nilai mati ga ada. Gua punya temen dia angkatan 2016 dia ikut sbmptn ngosongin mapel fisika eh dia lolos sbmptn.
    Dia lolos di pilihan pertama

    BalasHapus
  67. saya mendukung pernyataan no 7, soalnya saya lolos sbmptn 2017 pilihan ke 3 :3

    BalasHapus
  68. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  69. Saya tadinya udah takut loh soalnya saya gak bisa sama sekali matdas tapi kalau pelajaran soshum lainnya Insyaallah siap. Lega banget abis tau info ini hehe

    BalasHapus